EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Mencegah Phising Dengan Ekstensi Firefox

Saat ini yang namanya internet pasti sudah umum di kalangan masyarakat. Masyarakat tentunya tidak ingin jika semua kegiatan yang dilakukan didunia maya ini dimata-matai apalagi dicampuri. Kan membuat kita risih jadinya. Karena itulah, mencegah phishing dianggap sebagai hal yang sangat penting.

Trus apa yang dimaksud phising?. Phishing merupakan upaya seseorang untuk mencuri identitas atau informasi penting pengguna internet dengan membuat situs palsu yang mirip dengan aslinya. Data-data yang dicuri biasanya berupa e-mail, username, password, nomor rekening bank, dan lain-lain.

Dengan mengetahui apa itu phising pastinya kita berpikir gimana cara ngatasimya ya?. Adapun cara yang paling populer untuk melawan serangan phishing adalah dengan mengikuti perkembangan situs-situs yang dianggap sebagai situs phishing. Berikut ini adalah beberapa extensions Firefox yang bisa digunakan untuk melawan serangan phishing.

1. PhishTank SiteChecker
SiteChecker memblokir semua situs phishing berdasarkan data dari Komunitas PhishTank. Ketika Anda mengunjungi situs yang dianggap situs phishing oleh PhishTank, maka akan muncul halaman blocking.

2. Google Safe Browsing
Google Safe Browsing memberikan peringatan kepada Anda jika suatu halaman situs mencoba untuk mengambil data pribadi atau informasi rekening Anda. Dengan menggabungkan kombinasi algoritma dengan data-data tentang situs-situs palsu dari berbagai sumber, maka Google Safe Browsing dapat secara otomatis mengenali jika Anda mengunjungi situs phishing yang mencoba mengelabui seperti layaknya situs asli.

3. WOT
WOT membantu Anda mengenali situs-situs phishing dengan memperlihatkan reputasi situs tersebut pada browser Anda. Dengan mengetahui reputasi suatu situs, diharapkan Anda akan semakin mudah menghindari situs-situs phishing. Reputasi suatu situs diambil berdasarkan testimoni dari komunitas WOT.

4. Verisign EV Green Bar
Ekstensi ini menambahkan validitasi certificate pada browser Anda. Ketika Anda mengakses situs ’secure’, maka address bar akan berubah warna menjadi hijau dan menampilkan pemilik dan otoritas sertifikat. Ekstensi ini berguna untuk mengenali situs-situs palsu.

5. iTrustPage
iTrustPage mencegah pengguna internet mengisi form pada suatu situs palsu. Ketika mengunjungi situs yang terdapat halaman form, iTrustPage menghitung nilai dari TrustScore halaman form tersebut, untuk mengetahui apakah situs tersebut dapat dipercaya atau tidak.

6. Finjan SecureBrowsing
Finjan SecureBrowsing meneliti link pada hasil pencarian Anda dan memberi peringatan kepada Anda mengenai link-link yang berpotensi sebagai link phishing. Finjan akan mencoba mendeteksi kode berbahaya dan script-script berbahaya. Setelah itu akan diberi tanda hijau untuk yang aman dan merah untuk link yang berbahaya.

7. FirePhish
FirePhish memperingatkan Anda ketika Anda mengunjungi situs yang dianggap situs phishing atau yang terdapat script dan kode yang mencurigakan.

8. CallingID Link Advisor
CallingID Link Advisor memverifikasi apakah suatu link yang Anda lihat aman atau tidak sebelum Anda membukanya. Ketika mouse Anda berada pada link tersebut maka akan muncul keterangan mengenai detil link tersebut sehingga memudahkan Anda untuk mengenali apakah situs tersebut layak untuk dipercaya.

9. SpoofStick
SpoofStick memudahkan Anda mengetahui apakah situs tersebut situs palsu dengan memperlihatkan hanya informasi domain yang valid dan relevan.

10.TrustBar
TrustBar memberikan kemudahan kepada user untuk memberi nama atau logo pada suatu situs. Sehingga memudahkan untuk mengetahui apakah situs tersebut palsu, atau situs kloning.

Yah. . .segitu saja yang bisa saya ketahui kurang lebihnya cara mencehgah phising. Mudah-mudahan bisa bermanfaat buat ngatasi phising yang makin marak aja.

0 komentar: