EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Tutorial Menginstall JAVA pada Windows

Saat ini, java banyak digunakan orang maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT. Hal ini dikarenakan Java dapat dioperasikan pada semua sistem operasi yang ada saat ini. Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki karakteristik simple, object-oriented, distributed, interpreted, aman, dan memiliki performance yang tinggi. Bahasa pemrograman Java merupakan compiler sekaligus interpreter, dimana sebagai compiler, program yang telah dibuat akan diubah menjadi java bytecodes dan kemudian sebagai interpreter java bytecodes tersebut dijalankan pada komputer.

Java platform memiliki 2 komponen yaitu Java Virtual Machine yang berfungsi sebagai jembatan antara bytecode dengan hardware dan Java Application Programming Interface (Java API) yang merupakan komponen-komponen dan kelas java yang telah jadi dan memiliki kemampuan untuk menangani objek, string, angka, dan sebagainya.


Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing kepada pembaca bagaimana cara menginstall program java pada sistem operasi windows. Beberapa syarat penting yang harus diketahui sebelum menginstall java adalah :
  • Sistem operasi yang digunakan harus mendukung penamaan file lebih dari 8 karakter dan penamaan ekstensi file lebih dari 3 karakter.

  • Harus tersedia ruang kosong pada hard disk minimal 700 MB untuk instalasi yang membutuhkan fasilitas Documentation.

  • Pada komputer harus terpasang mouse untuk memudahkan pemilihan topik instalasi maupun instruksi pada fasilitas Documentation.

  • Processor yang digunakan minimal jenis Pentium II atau yang lebih baik.

  • Yang utama adalah file sistem java yang mau diinstall. File sistem java bisa diperoleh secara gratis melalui internet pada alamat berikut Java.com


Setelah syarat diatas tadi sudah dipenuhi, proses instalasi dimulai dengan menjalankan file yang anda download tadi. Pada sistem operasi windows filenya jdk-6-windows-i586.exe yang merupakan sistem Java versi JDK 1.6.0. JDK sendiri merupakan singkatan dari Java Development Kit. Instalasi dimulai dari membaca file sumber Java. Kemudian, setelah melalui beberapa proses yang singkat, instalasi Java akan menampilkan form persetujuan. Anda tinggal mengikuti instruksi yang diberikan hingga keluar form untuk menentukan dimana kita akan meletakkan sistem Java. Saya sarankan untuk menginstall Java pada directory "c:\Java". Selanjutnya anda tinggal melanjutkan intruksi yang diberikan hingga proses instalasi java selesai.

Setelah proses instalasi selesai, Java akan menampilkan form penutup. Directory "c:\Java\bin" berisi file-file yang dibutuhkan untuk mengolah file program java. Untuk tingkat dasar kita hanya membutuhkan 2 file :
  • File javac.exe digunakan untuk mengcompile file program java.

  • File java.exe digunakan untuk mengexecute file program java yang telah dicompile.


Demikian instalasi Java yang bisa saya jelaskan secara singkat. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan.

1 komentar:

nginstallnya udah bisa, tinggal bikin programnya yang belom bisa..
^^