EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Keuntungan mendaftarkan blog ke RSS Feed

Buat para blogger yang sudah lama nge-blog tentunya sudah tau apa itu RSS? Sekarang saya mau menjelaskan buat yang masih baru nge-blog alias newbie. RSS yang merupakan singkatan dari "Really Simple Syindication" atau "Rich Site Summary" adalah cara baru untuk berlangganan website atau blog. Dengan memakai RSS ini kita dpt mengumpulkan berbagai tulisan dr berbagai suatu website/blog yg favorit tanpa hrs mengunjunginya 1 per 1. Dgn kemudahan itu, akan menghemat waktu buat browsing tanpa kehilangan kesempatan mendapat berita2 terbaru dr website/blog yg jd pilihan.

Selain memberikan keuntungan buat pembaca, pemilik website/blog juga dpt keuntungan. Dgn mendaftarkan URL blog pada RSS Feed akan lebih mudah membuka kesempatan bagi blog kita untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Keuntungan yg lainnya yaitu RSS Feed jg bs digunakan sbg sarana meningkatkan traffic dan page rank. Hal ini dimungkinkan krn RSS Feed menyediakan fasilitas ping yg sangat berguna pada saat kita mengupdate isi blog.



Setelah kita tahu apa itu RSS Feed dan manfaatnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara mendaftrakan blog pd website yg menyediakan RSS Feed. Saya akan memberikan contoh pd salah satunya FeedBurner. Untuk mendaftarkan blog pada FeedBurner ini sangatlah mudah, berikut cara melakukannya:

1. Ketikan alamat URL Blog pada kotak yang disediakan, klik tombol Next, jika blog yang didaftarkan menggunakan flatform blogspot maka FeedBurner akan menampilkan dialog yang meminta kita memilih antara dua alamat feed yang akan digunakan. Pilih salah satu dan klik tombol Next





2. Selanjutnya akan muncul layar untuk membuat account, isilah judul feed pada Feed Title, alamat feed kita nantinya pada Feed Address, nama user, password, dan alamat email aktif, klik tombol Activate Feed.



3. Jika proses berhasil maka akan muncul layar yang memberi tahukan bahwa Feed kita sudah diaktifkan, klik pada link Skip directly to feed management, untuk mengatur beberapa fasilitas yang akan kita gunakan.



FeedBurner menampilkan layar account yang baru kita buat tadi, dari layar ini kita bisa mengatur dan mengaktifkan beberapa fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner, apa saja fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner ini, berikut beberapa diantaranya. Pada layar account ini kita melihat ada 5 buah tab yaitu:


  • Analyze - untuk menganalisa dan melihat perkembangan dari feed kita.

  • Optimize - fasilitas untuk mengoptimalkan feed.

  • Publisize - fasilitas untuk mempublikasikan feed.

  • Monetize - fasilitas untuk menghasilkan uang dari feed.

  • Troubleshootize - fasilitas untuk memecahkan beberapa permasalahan yang mungkin terjadi.


Seperti yang kita lihat, begitu banyak fasilitas yang disediakan oleh FeedBurner ini, itulah salah satu alasan mengapa kita memilih dan menggunakan FeedBurner. Kita bisa mengaktifkan dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan ini, beberapa fasiltas yang penting untuk diaktifkan antara lain :



Email Subscriptions

Yaitu fasilitas untuk menawarkan Feed melalui email, dengan cara menempatkan widget yang disediakan oleh FeedBurner pada blog. Beberapa service yang bisa kita pilih adalah: FeedBurner, FeedBlitz, dan Rmail. Pilihlah salah satu service lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan. Setelah itu akan muncul layar yang meminta kita untuk menempatkan kode yang disediakan oleh FeedBurner pada blog.



Kita bisa memilh jenis atau bentuk cara menawarkan email subscriptions ini, yaitu dalam bentuk Form dan dalam bentuk Link. Pilihlah mana yang menurut kita paling sesuai dengan selera. Kita juga beisa mengatur beberapa setting dari email subscriptions ini, ini bisa kita lakukan dengan mengklik link untuk membuka submenu dari email subcriptions.



Beberapa setting ini antara lain: Subscription Management, Communication Preferences, Email Branding, dan Delivery Options.Aturlah setting ini jika diperlukan, lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan setting.



Feed Count

Yaitu fasilitas untuk mempromosikan dan menampilkan jumlah user yang telah menjadi anggota atau berlangganan Feed dari blog kita. Fasilitas ini bisa menjadi daya tarik untuk merangsang atau memancing minat user lain untuk ikut berlangganan Feed dari Blog kita. Dengan menampilkan Feed Count ini seperti kita menampilkan statitstik dari blog kita, hal ini bisa jadi daya tarik tersendiri jika statistik tersebut menunjukkan angka yang cukup tinggi. Sebab orang sangat suka dengan statistik, pada pandangan pertama blog biasanya dinilai dari statistiknya,sperti istilah kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya...terserah anda.




Kita bisa memilih 2 style atau gaya yang disediakan yaitu Static dan Animated, pilih mana yang paling sesuai dengan selera, lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan. Selanjutnya akan muncul layar yang menampilkan kode untuk kita tempatkan pada blog, copy dan tempatkanlah kode tersebut pada blog.



Pingshot

Yaitu fasiltas ping. Fasilitas ini sangat berguna pada saat kita mengupdate isi dari blog, dengan fasilitas ping ini search engine akan tahu jika kita mengupdate atau membuat artikel. Sehingga artikel yang baru dibuat tersebut akan lebih cepat di index oleh search engine.



FeedBurner menyediakan beberapa service yang bisa kita gunakan, diantaranya My Yahoo, Technorati, Blog Lines, Ping O Matic, News Gator. Sercice ini adalah beberapa service yang banyak digunakan oleh pengguna RSS Feed. Kita juga bisa menambahkan lagi (maksimal 5) beberapa service tambahan dengan cara memilih pada combobox yang telah disediakan.




Pilih service yang hendak ditambahkan, lalu klik tombol add. Ulangi lagi untuk beberapa service lainnya, lalu klik tombol Activate untuk mengaktifkan service tersebut. Beberapa service tambahan yang cukup populer yang bisa kita gunakan tersebut antara lain: Google Blog Search Pinging Service, FeedBlitz, icerocket, Alexa, Weblogs.Com. Kita juga bisa mengubah setting ini dikemudian hari jika diperlukan.



Chicklet Chooser

Fasilitas ini untuk mempromosikan Feed kita, dengan cara menempatkan logo Feed pada blog. Kita bisa memilih beberapa diantaranya, atau bisa juga menggunakan semuanya. Seperti juga pada beberapa fasilitas lainnya untuk menempatkan logo ini pada blog, kita bisa memilih 2 cara , secara manual yaitu dengan cara mengcopy kode dari logo yang kita pilih dan mempastenya di template atau widget.




Cara kedua yaitu secara otomatis dengan cara memilih logo dan memilih blog platform yang disediakan pada combobox dibagian bawah, lalu klik tombol Go!. Dan FeedBurner akan mengerjakan semuanya. Cara kedua ini hanya bisa digunakan oleh yang menggunakan platform Blogger dan TypePad.



Yah...inilah beberapa fasilitas yg disediakan oleh FeedBurner yg kiranya penting untuk diaktifkan. Untuk fasilitas yg lainnya, silahkan dicoba sendiri. Karena dgn mencoba sendiri, kita akan semakin lebih paham. Selamat mencoba. . .

1 komentar:

Thx atas Infonya...bedanya pilihan atom sama RSS apa mas e????