EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Software Pelacak NoteBook Hilang

Zaman skr kebanyakan notebook sudah menjadi bagian dari hidup si pemiliknya. Klo kehilangan barang tsb, beh. . .rasanya ada sesuatu hal yg hilang dr dirinya. Krn mungkin di dlm notebook itu berisi berbagai hal pribadi maupun yg menyangkut pekerjaan, arsip2 dokumen, foto2, e-mail, dan "lain2nya". Trus gmn donk caranya seenggak-enggaknya kita bisa melacak notebook kita yg hilang itu???
Untuk melacak notebook kita yg hilang itu, skr sudah ada software yg ditemukan oleh para peneliti di University of Washington dan University of California, San Diego yg dpt mengembalikan notebook anda melalui layanan pelacak notebook bernama Adeona. Yang lebih menguntungkan kita, software ini gratis dan bersifat pribadi. Maka, pertama-tama berterima kasihlah kpd para peneliti tsb krn telah memberikan titik terang untuk melacak notebook anda yg hilang tsb.

Cara kerjanya begini, pertama download dulu softwarenya ke notebook anda. Software tsb kemudian secara anonim mengirimkan catatan tersando tentang keberadaan notebook ke server2 di internet. Jika nantinya notebook yg sudah kita pasang software tadi hilang, kita tinggal mendownload program lainnya lagi, memasukkan username dan password, kemudian mengambil informasi tsb dr server, khususnya layanan storage gratis yg disebut OpenDHT.

Sayangnya di dunia ini tdk ada yg sempurna, Adeona yg bersifat open source ini tdk bisa memberikan alamat dan nomor telepon si pencuri. Yang dpt disediakannya dalah alamat IP trakhir yg digunakan termasuk data tentang router yg dipakai untuk konkesi ke internet. Tetapi dgn berbekal informasi tersebut seharusnya pihak berwajib bisa melacak si tangan panjang itu. Masalahnya skr di Indonesia apakah pihak berwajib sudah mampu melaksanakannya apa belum??? Itulah salah satu hambatannya, tapi jgn putus asa donk. . .ini kan merupakan sebuah langkah awal yg besar. Sebab tanpa software ini, notebook anda mungkin tak bisa kembali sama sekali. Dgn berbekal informasi tadi kan kita sudah bisa mengetahui titik terang keberadaan notebook kita.

Sekedar info nih, selain Adeona, sebenarnya sudah ada produk komersial serupa, misalnya Lojack for Laptops dari Absolute Software dan PC PhoneHome dari Bigradoon. Di AS, Absolute Software sudah menjalin kerjasama dgn polisi untuk menangani kasus ini. Diabndingkan dgn Adeona, fitur Lojack lebih kaya. Namun ingatla bahwa Lojack maupun PC PhoneHome tidaklah gratis. Lojack menarik biaya US$40/th, sedangkan PC PhoneHome minta US$30. Sekarang pilihan ada di tangan anda.

Good Luck!!!

4 komentar:

For admin: What this blog using black hat? Keyword at this blog not appropriate with all content in this blog. I hope your check this your blog. Thank you.

 

Great article, Thanks for your great information, the content is quiet interesting. I will be waiting for your next post.

 

After reading this informative and effective post. I have good knowledge now to fix this issue and to explain this issue to others.