EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Publish Posting dengan MS Word 2007

Semua pasti banyak yg mengenal MS Office, apalagi yg namanya MS Word. Wah. . .klo g tw pasti org udik :D. Saat ini MS Word yg terbaru adlah MS Word 2007. Perbedaan dari MS Word 2003 sm MS Word 2007 tentu tampilannya. Selain tampilan juga dtambahkan fitur2 yg baru dr Microsoft. Yg mw saya bahas kali ini salah satunya adalah Posting dengan menggunakan MS Word 2007. Dengan MS Word 2007, posting menjadi lebih mudah krn hanya tinggal ketik dan edit bahan postingan, kemudian tkan publish jadilah postingan kita.

Dlm menjelaskan hal ini, penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis adalah situs web yang telah diambil alih oleh Google, yaitu Blogger. Di situ, Anda tinggal mendaftar. Selesainya pendaftaran, Anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan, dan “menerbitkannya”. Untuk membuat account pd Blogger anda memang diharuskan online. Tapi untuk menerbitkan sebuah postingan, anda bisa membuatnya lebih dulu dgn menggunakan Notepad atau MS Word. Yah. . .itung2 buat hemat biaya kan?. Baru kalau sudah selesai pembuatannya, kita online buat menerbitkannya. Cara yg seperti itu kita anggap saja cara manual.

Kali ini saya akan menjelaskan gimana sih yg dmaksud cara otomatis? Begini, cara otomatis ini menggunakan MS Word tapi bukan sembarang MS Word. Melainkan yang digunakan adalah MS Word 2007. Untuk yg masih menggunkan MS Word 2003 juga bisa koq, tp harus sudah dilengkapi dgn suatu add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari sini. Ukuran paket instalasinya kecil, cuma 2MB.

Cara kerjanya gini, tulis bahan postingan dulu pake MS Word 2007/2003 yg sdh dtambahi add-on td. Tp jgn online dulu, offline aja.


  • Untuk yg pke MS Word 2003+add-on Blogger For Word



  1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Insert], [Page Layout], dan lain-lain.

  2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke penyedia layanan kayak Blogger, Wordpress, dll. Klik [OK].

  3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].

  4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send].

  5. Selesai.



  • Untuk yg pake MS Word 2007





  1. Klik [Menu], kemudian sorot [Publish], pilih [Blog]

  2. Ntar pilih penyedia layanannya seperti Blogger, Wordpress, dll. Klik [Next]

  3. Selanjutnya masukkan username dan passwrod untuk loginnya nanti. Klik [OK]

  4. Petunjuk selanjutnya, ikuti aja langkah yg pake MS Word 2003 dr no.3 sampai 5.

  5. Berez. . .


Segitu aja tips kali ini yg bisa saya berikan buat pembaca. Sebelumnya makasih ya buat para pengunjung. Moga aja bisa bermanfaat postingaku kali ini. Amien...