EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Hati-hati Program Penipu Cinta

Mari jujur, agak sulit untuk tidak terlena ketika kita disanjung dengan kata-kata menggoda. Namun jika Anda masuk ke ruang chat online dan ada seseorang asing yang begitu menggoda, sebaiknya hati-hati. Menurut perusahaan security PC Tools, telah terdeteksi adanya sebuah program yang akan berpura-pura menjadi lawan chat yang menyenangkan, untuk kemudian melakukan penipuan. Penipuan di sini bisa berupa mengorek data keuangan pribadi korban sampai menuntun korban menuju halaman web yang telah disusupi malware.

Menurut PC Tools, Artificial Intellegence program yang disebut CyberLover ini begitu bagus, sehingga korban akan sulit membedakan antara program ini dengan orang sungguhan. Dari setiap korban sudah terjebak, CyberLover akan mengumpulkan laporan meliputi nama, kontak, sampai foto. Program ini juga bekerja cepat, karena mampu menjaring 10 korban dalam waktu 30 menit.

Menurut Mike Greene, wakil presiden Product Strategy PC Tools, modus ini adalah kelanjutan tren social-engineering attack yang belakangan kian marak. “"Orang sudah terbiasa untuk tidak membuka lampiran email atau klik link yang mencurigakan. Namun ketika pembicaraan sudah mengarah ke hal yang pribadi, kebanyakan tidak akan keberatan memberikan identitas pribadi atau mengirim foto” ungkap Mike.

Untungnya, penipuan ini baru terdeteksi di ruang chat Rusia. Namun PC Tools memperkirakan ini hanyalah awal dan akan menyerang secara global mulai Februari nanti. Jadi, hati-hati terjebak program penipu cinta!