EoneZone

Yang mau berubah, jarang susah

Siapa Lebih Baik untuk Gaming?

Apakah Windows Vista - yang antarmukanya begitu indah - dengan DirectX 10 memberikan tampilan yang lebih baik? Secara visual, secara tegas bisa dikatakan, “Iya!”. Kenapa? DirectX 10 menampilkan detail-detail yang bukan main rincinya. Misalnya, tebing yang di DirectX 9.0c milik Windows XP cuma berwarna cokelat dengan detail seadanya (malah terlihat sedikit buram), tampil dengan detail begitu tajam di Windows Vista.

Langit juga demikian. Awan yang cuma tampil seperti bercak-bercak putih di Windows XP, tampil realistis di Windows Vista. Gradasi warna birunya pun tampil apik. Perbedaan yang nyata tampil pada air. Riak dan gerak air tidak terlalu terasa di Windows XP. Tapi, di Windows Vista, tampil amat menawan. Windows Vista juga menampilkan detail di tempat gelap yang sulit ditampilkan di Windows XP.

Ambil contoh pada game Call of Juarez, sebuah game berbasis DirectX 10 pada gambar. Di bagian atas adalah tampilan game tersebut jika dijalankan pada sistem operasi Windows XP (menggunakan DirectX 9). Terlihat detail game biasa saja. Pada bagian bawah adalah tampilan game yang sama di posisi yang sama ketika dijalankan di sistem operasi Windows Vista. Terlihat detail seperti awan yang tampak lebih realistis, bayangan pohon yang lebih natural, dan retakan pada batu-batuan di tebing yang tidak muncul ketika game dimainkan di Windows XP.

Menurut Yos Rifanto, Software Group Product Manager, PT Bhinneka Mentari Dimensi, “Teknologi baru Windows Vista dengan DirectX 10, membuat Windows Vista makin ditunggu-tunggu oleh pasar konsumer terutama mereka penggemar games. Karena petualangan bermain game menjadi lebih seru. Hal ini juga memberikan pengaruh yang positif bagi pasar IT untuk konsumer di Indonesia dengan meningkatkan presentasi penjualan PC.”

Hal tersebut dibenarkan oleh Anton Endri Susanto, Sales Consultant Online, PT. Bhinneka Mentari Dimensi yang juga seorang “pilot” di game Flight Simulator, bahwa salah satu perbedaan yang paling mencolok dari teknologi DirectX 10 adalah gambar yang dihasilkan (scenery) benar-benar realistis.

“Gambar di Flight Simulator yang dijalankan dengan Windows Vista sangat berbeda dengan yang dijalankan pada versi Windows sebelumnya. Gambarnya benar-benar realistis dan lebih indah.” Ujarnya. Endri sendiri memainkan Flight Simulator dari versi FS98, FS04, dan FSX. Dari versi FS98 sampai dengan FSX terdapat banyak sekali perubahan yang sangat besar dalam hal scenery-nya. Betul-betul realistis untuk FSX.

“Windows Vista dengan teknologi DirectX 10 merupakan alasan utama bagi para konsumer yang bertujuan menggunakan PC untuk bermain game. Karena dengan teknologi DirectX 10, efek visual dalam game menjadi lebih hidup, lebih realistis, dan membuat pengalaman bermain gamepun menjadi lebih menggelegar,” ungkap Hermawan Susanto, Senior Product Marketing Manager PT Microsoft Indonesia. “Bagi para game developer, hal ini juga merupakan peluang yang terbaik untuk melahirkan game-game generasi terbaru yang lebih realistis dibandingkan sebelumnya,” tambahnya.

Frame Rate dalam Game
Apa pengaruh frame rate pada sebuah game? Sebelumnya, ketahuilah bahwa frame rate adalah frekuensi munculnya gambar dalam 1 detik. Pada kebanyakan game aksi saat ini, dalam 1 detik, minimal 50-60 gambar harus tampil. Dengan kata lain, frame rate minimal untuk game masa kini adalah 50-60 frame per detik (frames per second).

Ketika frame rate terlalu rendah, untuk game aksi yang pemainnya bergerak cepat, game jadi tidak enak dimainkan. Gambar yang muncul akan telat. Misalnya, ketika pandangan karakter ditujukan ke arah kiri dengan cepat, 2 detik kemudian arah pandang baru berubah. Apa seru begitu?

Perbandingan Kinerja Windows XP vs Windows Vista untuk Gaming
Sebagai ilustrasi, berikut ini pengujian kami untuk mengetahui perbandingan kinerja pada game antara sistem operasi Windows XP dengan Windows Vista. Adapun game yang kami mainkan adalah Flight Simulator X, Call of Juarez, FarCry, dan Doom 3. Berikut ini setting yang kami gunakan untuk masing-masing game:

- Microsoft Flight Simulator X (DirectX 10 game) (Customized Ultra High setting, 1024x768, 1280x1024, 1600x1200)
- Call of Juarez (DirectX 10 game) (Customized Best Quality, 1024x768, 1280x1024, 1600x1200)
- FarCry (DirextX 9.0 game) (Ultra Quality, 8x AA, 16x AF, 1024x768, 1280x1024, 1600x1200)
- Doom 3 (OpenGL game) (Ultra Quality, 8x Anti Aliasing, 1024x768, 1280x1024, 1600x1200)

Kami menggunakan utility bernama Fraps untuk mengetahui tingkat frame rate masing-masing game yang kami mainkan. Sedangkan berikut ini adalah sistem operasi dan driver yang digunakan untuk melakukan uji coba:

- Windows XP Professional SP2
- Windows Vista Home Premium
- Nvidia nForce 12.12 XP
- Nvidia nForce 15.00 Vista
- Nvidia Forceware 158.22 WinXP
- Nvidia Forceware 158.24 Vista
- DirectX 9.0c June 2007

Adapun kedua sistem operasi kami instalasikan pada testbed berikut ini:

- Motherboard: Biostar TF560 A2+
- Prosesor: AMD Athlon FX-62
- Memori: Kingston KHX9600D2K2/2G
- VGA: Calibre GeForce 8600GT 256MB
- Harddisk: Seagate Barracuda SATA 80GB
- Optic drive: LiteOn DVD 16x
- Power Supply: Antec True Power 2.0 500W
- Monitor: Samsung SyncMaster 765MB

Kesimpulan

Dari pengujian yang kami lakukan, Windows XP unggul nyaris di seluruh game-bahkan pada game DirectX 10-yang dipakai untuk menguji. Windows Vista cuma unggul sekali, yakni pada game Microsoft Flight Simulator X untuk resolusi 1024 x 768. Kalau resolusi dinaikkan menjadi 1280 x 1024, Windows XP kembali unggul.

Rata-rata Windows XP unggul dengan angka di bawah 5%, kecuali untuk beberapa game di resolusi tertentu. Misalnya, pada game Microsoft Flight Simulator X di resolusi 1280 x 1024, frame rate di Windows XP unggul sebanyak 13,72% ketimbang frame rate di Windows Vista. Frame rate di Windows XP adalah 32,73 frame per detik, sedangkan frame rate di Windows Vista adalah 28,23 frame per detik. Selisihnya memang cukup besar, tapi perbedaan pengalaman yang diperoleh saat bermain tidak akan terasa signifikan. Bahkan bisa dibilang tiada perbedaan.

Secara keseluruhan terlihat bahwa saat ini game-game berbasis DirectX 9, DirectX 10, dan OpenGL masih tampil lebih lancar jika dimainkan di sistem operasi Windows XP. Tentunya hardware yang digunakan sangat berpengaruh di sini. Jika prosesor, memori dan yang paling penting, kartu grafis yang Anda gunakan datang dari kelas enthusiast, penurunan frame rate game pada Windows Vista tidak akan terasa. Setelah kami konsultasikan dengan Hermawan Susanto, fitur Aero dan tampilan Vista yang banyak pernak-pernik grafis diklaim menyebabkan sedikit penurunan kinerja gaming pada Windows Vista.

Akan tetapi, jika sebuah game (terutama game berbasis DirectX 10) dimainkan di Vista, tampilan game tersebut akan lebih detail dan realistis dibandingkan jika game tersebut dimainkan di sistem operasi Windows XP. Tentunya jika kartu grafis yang digunakan juga sudah mendukung DirectX 10. Nah, tampilan yang lebih detail ini juga menyebabkan tambahan beban bagi sistem sehingga ikut berkontribusi menurunkan sedikit performa game yang dimainkan.

Akan tetapi, sejalan dengan waktu, perkembangan hardware yang semakin canggih akan mengeliminasi masalah ini. Prosesor, kartu grafis yang semakin kencang dengan driver-nya yang semakin kompatibel dan mendukung penuh Vista, akan membuat frame rate game di Vista-pun akan mulus nantinya.